Raihlah ilmu, dan untuk meraih ilmu belajarlah untuk tenang dan sabar.

(Khalifah 'Umar)

Kamis, 01 September 2011

Klasifikasi Silikat (2)

Dalam struktur ini, dua sudut digunakan bersama, membolehkan suatu variasi yang besar dari cincin (melingkar, berciri khusus) atau struktur rantai terbentuk. Ini adalah klasifikasi secara umum sebagai Metasilikat (SiO3)n-2n ( untuk rantai tunggal) dan (Si4O11)n –6n untuk rantai ganda, dimana 2,5 sudut digunakan bersama.
Sebagai contoh, untuk n=3: BaTiSi3O9 dan untuk n=6: (Si6O18)-12, dimana merupakan suatu satuan struktur dari Kordierit, suatu silikat dengan koefisien ekspansi termal terendah, dan konsekuensinya mempunyai tahanan kejut termal tertinggi. Hal ini juga mempunyai ketahanan listrik yang sangat bagus, dan sering disintesakan dari suatu pencampuran lempung dan Talek atau dari oksida murni kimiawi.
Kordierit: 2 MgO.2Al2O3.5SiO2 = Al3Mg2(Si5AlO18)
Dalam Kordierit, satu atau dua setiap enam atom Si akan digantikan dengan Al. Jenis ini adalah pengantian isomorpous adalah miniral silikat umum dan mengindikasikan fleksibelitas dari koordinasi dari Al dengan 4 sampai 6, dan mungkin bahkan 5 Oksigen. Kerangka kerja dari Kordierit mempunyai 6 cincin tetrahedral mengandung susunan berurutan dari pusat kation-kation (disini, dua Si digantikan oleh Al): AlSiSiAlSiSi. Saluran menghubungkan struktur cincin paralel dapat secara mudah menjebak gas-gas se[erti H2O, CO2, He, Ne. Kooefisien ekspansi termal dari kristal heksagonal kordierit sangat non-isotropik: a [sumbu a] = 2.6.10-6 1/K, 0-800 C; a [sumbu c] = -2.9.10-6 1/K, 0-300 derajat C.
Akibat rata-rata a rendah membuat Kordierit menjadi bahan yang tahan termal kejut untuk aplikasi temperatur menengah dampai tinggi, seperti pada pemindah panas (heat exchangers), penyokong katalis dll. Untuk menjadi cukup murni, Kordierit harus disintesakan dari oksida murni MgO, Al2O3, SiO2. Sintesa dari lempung memberikan suatu yang tidak diinginkan campuran dari Spinel dan Mulit dalam penambahan ke Kordierit.
Kordierit adalah satu dari sedikit keramik yang dapat diproses langsung dari proses peleburan-pengecoran-pembekuan dikarenakan ketahanan termal kejut yang tinggi dan demikian dapat bertahan tegangan-tegangan termal selama proses pembekuan. Dalam proses ini, viskositas lebur tinggi (suatu gelas dengan kandungan SiO2 tinggi) ditempatkan dengan katalis kristalisasi (ZrO2, TiO2) untuk mempercepat defitrikasi dan formasi dari Kordierit berukuran butir kecil. Bagaimanapun, pembatasan Kordierit berlaku penguraian spontan menjadi Mulit dan gelas diatas temperatur relatif rendah 1460 derajat C.
Struktur Rantai
Rantai tunggal (SiO3)n-2n: Piroxin, seperti Enstatit MgSiO3; Wolastonit CaSiO3
Rantai ganda (Si4O11)n-6n: Ampibol (mineral-mineral asbestos), struktur non-isotropik yang kuat (fiber).
Bahan ini digunakan untuk penguat, kain tahan api, penguat untuk kampas rem, dll. Masa sekarang, sifat karsinogenik dari bahan ini secara efektif dihilangkan dari pasaran.

0 komentar:

Poskan Komentar

Tinggalkan Sebuah Komentar Anda

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Blogger Templates