Raihlah ilmu, dan untuk meraih ilmu belajarlah untuk tenang dan sabar.

(Khalifah 'Umar)

Minggu, 04 September 2011

JENIS-JENIS MATERIAL



Secara umum,ilmu material dibagi menjadi 5 LOGAM, KERAMIK, POLIMER, KOMPOSIT dan SEMIKONDUKTOR. Yang termasuk logam barangkali yang familiar adalah besi, tembaga, aluminium, emas dan lain-lain; yang termasuk keramik yang umum adalah pasir, batu bata, semen, gelas (jendela), grafit dan lain-lain; contoh polimer yang umum adalah selulosa, nilon, polietilen, Teflon, Kevlar, polystiren dan lain-lain; sedangkan contoh komposit misalnya fiber karbon di dalam matrik epoxy yang digunakan dalam raket tenis; dan contoh semikonduktor yang sederhana adalah silikon dan germanium.
Apa dasar pengolongan material menjadi grup-grup di atas? Banyak material-material yang mempunyai struktur atom atau sifat-sifat teknik yang sama atau keduanya sama, maka akan mudah mengelompokkan mereka berdasarkan kesamaan ini menjadi grup-grup besar ini. Tentunya pengelompokan ini dapat berubah dengan penemuan baru dan kemajuan teknologi. Komposit, yang juga kadang-kadang disebut material-rekayasa, merupakan contoh yang tepat dari klasifikasi grup yang baru. Material ini dibuat dengan menggabungkan dua material atau lebih menggunakan teknologi canggih untuk mendapatkan sifat-sifat yang tidak dapat dicapai oleh material yang sudah ada.
Karena sifat-sifat material berkaitan dengan strukturnya, penting untuk dipahami bahwa cara material itu diproses akan mempengaruhi strukturnya dan kemudian sifat-sifatnya. Sebagai contoh dari konsep yang penting ini,yaitu misalnya bagaimana proses termal mempunyai pengaruh yang besar terhadap sifat-sifat baja. Jika baja didinginkan perlahan-lahan dari suhu tinggi, baja akan relatif lunak dan memiliki kekuatan yang rendah. Jika baja yang sama didinginkan cepat (quenching) dari suhu tinggi yang sama, ia akan sangat keras dan getas. Akhirnya, jika baja diquench dan kemudian dipanaskan kembali ke suhu sedang (menengah), ia akan mempunyai kombinasi yang bagus antara kekuatan (strength) dan keliatan (toughness).
Pembahasan setiap grup material diatas, bersamaan dengan beberapa hubungan struktur-sifat akan dibahas pada postingan berikutnya.

0 komentar:

Poskan Komentar

Tinggalkan Sebuah Komentar Anda

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Blogger Templates